TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI WEBSITE SMA NEGERI 2 LIWA

EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI 2 LIWA TP. 2020/ 2021


ROHIS
Rohani Islam (disingkat Rohis) adalah sebuah organisasi memperdalam dan memperkuat ajaran Islam dalam bentuk ekstrakurikuler . Fungsi Rohis adalah forum, pengajaran, dakwah, dan berbagi pengetahuan Islam. Susunan dalam Rohis layaknya OSIS, di dalamnya terdapat ketua, wakil, bendahara, sekretaris, dan divisi-divisi yang bertugas pada bagiannya masing-masing. Ekskul ini memiliki program kerja serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Rohis mampu membantu mengembangkan ilmu tentang Islam yang diajarkan di sekolah.

PRAMUKA
Ekstrakurikuler Pramuka salah satu tujuannya pembentukan karakter menjadi nyata. Peserta didik akan semakin tahu jati dirinya, bersosialisasi, dan berempati kepada sesamanya, serta mengimplementasikan Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka yang sesungguhnya. Pramuka identik dengan kegiatan lapangan wajib dijaga dan dikuatkan dalam program sekolah, tidak sekadar main-main.

PASKIBRA
Merupakan salah satu ekstrakurikuler (ekskul) yang ada di SMA Negeri 2 Liwa. Keberadaan Ekstrakurikuler ini mempunyai manfaat sangat banyak diantaranya meningkatkan kedisiplinan peserta didik, membangkitkan jiwa nasionalisme pada anggotanya, sebagai wahana penyaluran bakat, memupuk rasa tanggung jawab dan membekali anggotanya dengan berbagai keterampilan untuk menyongsong masa depan. Tujuan bagi peserta didik yang mengikuti kegiatan Ekstra Paskibra meliputi : mampu menunjukan kemampuanya menjadi petugas apapun dalam Upacara bendera, menambah wawasan kebangsaan dan memupuk jiwa nasionalisme, mampu menjadi pemimpin dan tauladan serta dapat berorganisasi secara baik karena kedisiplinannya, meningkatkan Ketrampilan dan kedisiplinan, menjadi bertanggung jawab karena diberi tugas secara rutin dalam upacara bendera, serta mempermudah anggota untuk menyongsong masa depan dengan bekal sertifikat dari pemerintah setempat karena pernah menjadi petugas pengibar Bendera saat Upacara hari besar negara.

UKS DAN PMR
Peserta didik yang berminat di bidang kesehatan diberi kesempatan untuk mengembangkan di lingkup SMA Negeri 2 Liwa. Oleh karena keahlian ini berkaitan langsung dengan keselamatan manusia. Anggota PMR dan UKS akan menjadi garda terdepan dalam setiap kegiatan sekolah yang berhubungan dengan kesehatan dan keselamatan dan harus siap ditugaskan dalam setiap kegiatan sekolah yang memerlukan pengawasan dalam hal keselamatan dan kesehatan.

SANGGAR SENI SANSETA
Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian di SMA Negeri 2 Liwa merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang mendukung mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi media untuk membina peserta didik untuk mengembangkan daya kreasinya disamping mengasah kemampuan daya cipta, seni  juga adalah salah satu program untuk mengembang tumbuhkan kepekaan estetik peserta didik yang pada gilirannya dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan nalar, selain kecerdasan emosi, sosial, spiritual, bahasa, dan motorik serta sebagai materi bidang studi Seni Budaya .

KELOMPOK ILMIAH REMAJA (KIR)
Kelompok ilmiah remaja (disingkat KIR) adalah kelompok remaja yang melakukan serangkaian kegiatan yang menghasilkan karya ilmiah. KIR merupakan kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 LiwaEkstrakurikuler ini merupakan organisasi yang sifatnya terbuka bagi para remaja/ peserta didik yang ingin mengembangkan kreativitas, ilmu pengetahuan, dan teknologi pada masa kini maupun masa yang akan datang.

KELAS MENULIS
Kelas Menulis merupakan ekstrakurikuler baru di SMA Negeri 2 Liwa. Tahun ini merupakan angkatan pertama. Didirikan untuk mendukung kegiatan gerakan literasi sekolah serta memberikan wadah peningkatan minat baca dan minat menulis peserta didik. Bagi peserta didik yang gemar puisi, cerpen, dan karya sastra lain, silahkan memilih dan bergabung di ekstrakurikuler ini.

EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA
Kegiatan ekstrakurikuler olahraga merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberi wadah bagi peserta didik SMA Negeri 2 Liwa dalam menyalurkan potensi, minat, dan bakatnya dalam bidang olahraga.

EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI
Kegiatan ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 2 Liwa merupakan kegiatan yang di dalamnya terkandung banyak nilai-nilai positif. Salah satu dari sekian banyak nilai positif yang ada diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kerjasama, saling menghargai, toleransi, fairplay, dan lain sebagainya. Nilai-nilai inilah yang nantinya diharapkan muncul di dalam diri setiap peserta didik sebagai hasil dari proses kegiatan ekstrakurikuler bola voli itu sendiri. Sehingga kegiatan ekstrakurikuler bola voli bisa ikut membentuk sikap dan prilaku setiap peserta didik ke arah yang lebih positif.

Posting Komentar

1 Komentar