TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI WEBSITE SMA NEGERI 2 LIWA

MATERI MPLS | PENGENALAN KOPI ROBUSTA LAMPUNG BARAT

Gambar : Google.com


Kabupaten Lampung Barat memiliki luas lahan perkebunan kopi sebesar 53 ribu hektare (ha). Kebun-kebun kopi tersebut tersebar di 15 kecamatan, lima kelurahan, dan 131 desa.

Salah satu daerah perkebunan kopi di Kabupaten Lambung Barat adalah Liwa. Liwa yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Lampung Barat (LAMBAR), penghasil utama kopi robusta. Liwa memiliki luas lahan perkebunan 53.606 Ha, kapasitas produksi 52.645 ton kopi, dan baiknya semua perkebunan tersebut 100% dikelolah oleh rakyat sebanyak 35.737 KK petani kopi.

Pada umumnya mata pencaharian masyarakat Lampung Barat adalah petani kopi atau tanaman perkebunan lainnya. Itu menjadikan kopi khas Lampung ini lambat laun menujukan peningkatan yang signifikan. Dorongan dari pemerintah dalam memberikan arahan kepada petani agar menerapkan sistem tanam tepat guna menjadi salah satu faktornya. (Sumber : detiktravel).

Simak video berikut ini (wajib ditonton) :
  1. Budidaya dan Pengolahan Kopi Robusta di Lampung Barat
  2. Robusta Fine Coffee Air Hitam Lampung Barat 



Posting Komentar

2 Komentar

  1. Liwa kabupaten Lampung Barat memiliki kopi robusta paling enk dan paling besar,maka dri itu tetap pertahankan rasa dan kualitas nya

    BalasHapus
  2. Tanaman kopi merupakan penopang perekonomian masyarakat liwa (lampung barat) yang telah berlangsung sejak lama.pola budidaya kopi robusta liwa (korola) masyarakat yang khas dan merupakan budaya keseharian masih terpelihara hingga saat ini.

    BalasHapus